Thursday, May 11, 2017

7 Cara Memperbaiki Kartu Sim Tidak Terdeteksi atau Sinyal Hilang di Android

Cara Memperbaiki Kartu Sim Tidak Terdeteksi atau Sinyal Hilang di Android - Sim Card di dalam sebuah ponsel ini memang peran begitu penting sekali. Sebab apabila kalian memiliki smartphone android jika tidak ada kartus sim ini tidak akan dapat berkomunikasi seperti sms, nelpon dan internetan.

Masalah yang memang sering terjadi seperti kartus sim tidak terdeteksi di android hingga kartu sim terdeteksi tapi sinyal hilang atau tidak ada. Maraknya kasus yang terjadi memang akan membuat kalian resah dan bingung bagaimana cara mengatasi sim card yang tidak terbaca tersebut.

Cara Memperbaiki Kartu Sim Tidak Terdeteksi di Android

Sebab bukan dilihat dari harga, karena untuk membeli sim card yang baru ini sangat murah sekali. Akan tetapi nomor pada kartu sim tersebut yang paling berharga, karena pada nomor itu sudah banyak diketahui oleh teman, keluarga dan sahabat kalian.

Memang bisa saja dengan membeli sim card baru nomor yang lama akan dapat kita pulihkan, namun kita harus datang ke galeri atau tempat penyedia pemulihan nomor tersebut. Hal ini juga bukan karena faktor harga namun bisa saja tempat itu jauh atau kalian tidak tau dimana tempat tersebut berada.

Cara memperbaiki kartu sim yang tidak terbaca di android dapat kita lakukan dan mungkin saja ada beberapa kesalahan yang tidak kalian ketahui. Seperti anda tidak menempatkan sim card tersebut dengan posisi yang seharusnya dan membuatnya tidak dapat terdeteksi di android. Mungkin juga bisa disebabkan jika kartu sim tidak terbaca atau sinyal hilang ini disebabkan karena perangkat android kalian mengalami masalah/error.

Entah kenapa bukan hanya anda saja yang mengalami hal tersebut tetapi saya dan orang lain pun pernah mengalaminya. Cara memperbaiki kartu sim tidak terdeteksi di android tentu dapat kita atasi, sebab ada beberapa cara untuk kita perbaiki sendiri tanpa harus pergi ke tukang service handphone.

Cara Memperbaiki Kartu Sim Tidak Terdeteksi di Android


1. Coba Kalian Restart Perangkat Android

Merestart android ini bisa kita lakukan untuk memperbaiki sinyal yang tiba tiba hilang atau sim card yang tidak terbaca di android. Karena restart ponsel akan memperbarui kinerja android sehingga akan lebih optimal saat kita gunakan. Selain penyebab kartu sim tidak terdeteksi ini dikarenakan smartphone yang kalian miliki terlalu berat/lemot sehingga membuat sistem di android menjadi tidak optimal, nah coba kalian restart terlebih dahulu dan lihat hasilnya.

2. Copot Sim Card dan Periksa

Mencopot kartu sim dari android dan memeriksanya dengan teliti apakah sudah benar atau salah dalam menerapnya. Karena ada beberapa orang yang memang salah dalam memasang kartu sim di slot yang seharusnya. Hal ini bisa saja pada saat kalian mencopot dan memasangnya kembali terlalu terburu buru sehingga tidak benar dalam pemasangannya.

Tetapi, bukan hanya itu saja kalian juga harus memastikan apakah sudah pas atau belum. Jika kuningan pada kartu sim dengan kuningan pada android ini tidak tepat maka hal tersebut membuat sim card yang kalian gunakan tidak akan terdeteksi atau terbaca di android.

3. Menggunakan Mode Pesawat

Jika kalian sudah benar dalam memasang sim card di slot yang benar dan tidak terjadi perubahan sama sekali, kalian dapat mencoba mengaktifkan mode pesawat di android. Karena pada mode penerbangan ini akan menghentikan sinyal yang masuk dan apabila di nonaktifkan maka sinyal di android kalian akan secara otomatis masuk dan di segarkan kembali.

4. Mungkin Sedang Mengalami Gangguan Jaringan

Gangguan jaringan pada setiap provider ini bisa terjadi kapan saja. Walaupun cuaca di tempat kalian normal akan tetapi ini bisa saja provider kalian sedang mengalami masalah dan memperbaikinya. Nah hal tersebut akan membuat jaringan pada daerah kalian dimatikan sementara guna memperbaiki masalah yang ada, jadi jangan panik karena bisa saja provider kalian melakukan perbaikan sementara.

5. Mencoba Tukar Sim Card di Ponsel Yang Lain

Apabila kalian masih mengalami masalah kartu sim tidak terdeteksi di android maka sebaiknya pindahkan kartu sim kalian ke ponsel yang lain atau jika memiliki dual sim coba pindahkan. Ini dikarenakan bisa saja socket pada sim tersebut sudah rusak dan tidak berfungsi dengan baik maka hasilnya akan membuat kartu sim kalian tidak terbaca.

Melakukan cara ini memang metode yang tepat, karena jika di ponsel yang lain terbaca itu berarti socket kartu sim kalian ada yang tidak beres dan harus segera diganti dengan yang baru.

6. Memilih Jaringan Operator Yang Sesuai

Menggunakan jaringan operator yang sesuai dengan kartu sim kalian ini wajib dilakukan. Sebab misalkan sebelumnya kalian memakai sim card indosat dan menggantinya dengan xl maka settingan jaringan operator tersebut akan berbeda dan membuat sinyal tidak ada atau hilang. Sebaiknya kalian dapat periksa kembali di pengaturan kartu sim pada menu settingan dan pastikan menggunakan jaringan yang sesuai atau dapat memilih opsi otomatis saja.

7. Jaringan Tidak Mendukung

Nah yang dimaksud dengan jaringan tidak mendukung ini adalah jika misalkan ponsel anda di setting pada jaringan 4g dan ternyata daerah kalian belum mendukung sinyal tersebut maka akan secara otomatis tidak ada sinyal yang masuk atau sinyal hilang. Coba kalian setting kembali dan dapat melalui pengaturan ponsel atau juga lewat kode ussd dengan mengetik *#*#4636#*#* di android kalian dan dapat kalian atur dengan sesuai.

Itulah bagaimana cara memperbaiki kartu sim tidak terdeteksi atau sinyal hilang di android dengan mudah dan sederhana. Memang tidak banyak orang mengetahui penyebab yang terjadi dan membuatnya kebingungan untuk memperbaikinya, terima kasih.

Baca Juga :


EmoticonEmoticon